Berhenti Merokok, Haruskah?

Pastinya tiada hari tanpa mendengar omelan rayuan istri saya supaya saya berenti merokok, paling tidak kurangilah katanya.  Padahal sebetulnya saya juga bukan perokok berat, paling juga sebungkus sehari, itu pun sudah rokok yang rendah kalori nikotin.  Namun sampai hari ini saya masih terus merokok dan merokok lagi.

Walaupun merokok, saya juga tau lah adat istiadat dan tata krama merokok, seperti misalnya; saya tidak merokok di dalam rumah (siapa pun, apalagi kalau bertamu), saya tidak merokok di ruangan ber-AC, saya tidak merokok di dalam kendaraan (mobil, apalagi di angkot), saya tidak merokok kalau sedang tidur, dan yang paling penting saya usahakan untuk tidak merokok di depan anak – anak.  Itu aja, sederhana

Padahal, saya tau efek negatif dari rokok ini terhadap diri sendiri maupun terhadap orang lain sebagai perokok pasif.  Dan sesungguhnya bila ditanya sebaliknya 'Apa cih untungnya ngerokok?' yaa saya agak sulit menjawabnya.

Kalau dulu dengan tangkas saya akan menjawab gini; rokok dapat mengencerkan otak, atau rokok membuat saya menjadi gagah dan macho, atau rokok bisa menyaringkan suara (batuk?), atau merokok sama dengan membantu petani tembakau dan cengkeh, atau itu mbah damin umur sdh 72 ngerokok tapi sehat – sehat aja, atau jodoh, rezeki, dan umur di tangan tuhan  … dan banyak lagi jawaban heroik yg bisa saya berikan.

Pernah saya coba berkaca saat merokok, halaaahh memang benar asli, justru semakin jelek saja penampilan saya, tidak seperti kampanye teman – teman saya dulu di sekolah yang bilang kalau merokok bisa kelihatan lebih dewasa dan gampang menggaet cewek.

Dan akhir – akhir ini perjuangan istri saya selama 10 tahun rupanya sudah mulai menampakkan kesan di hati saya, saya sudah mulai mempertimbangkan untuk berhenti merokok, walaupun saat ini masih merokok. heeehhhmmm *menghela nafas panjang*

32 komentar:

  1. ehhmmmmmmnn...... untungnya merokok..??? yang untuk pabriknya donk... pak..heheheheheh, saya juga perokok pasif kok pak...

    salam buat istrinya...hahahahahaha


    *weh pertama aku,

    BalasHapus
  2. ayo, mulailah gaya hidup organik!!
    hehe,,

    BalasHapus
  3. Sangat tidak gampang berhenti merokok. Dulu, Bapak saya bukan merokok, 2 saudara laki2 saya ndak ngrokok, 2 anak lelaki saya ndak ngrokok, tapi saya perokok. Belum berat juga, sehari juga 1 bungkus, yg low nicotin juga

    BalasHapus
  4. berhenti ngerokok?
    wah kalo' yg satu ini emang sangat sulit buat dilakukan, sehari sy bisa abis 2 bungkus maz n kegiatan merokok ini udah lebih dari 12 th yg lalu.

    tapi sama dg maz, sy juga punya etika dlm menghisap rokok, sbisa mungkin sy merokok ditempat yg jauh dari anak2,wanita, atau siapa ja yg ga ngerokok terutama di dpan istri sy. sebetulnya istri sy ga nglarang, tp saya tau dia terganggu dg asap rokok tsb,jd yah sedikit jaga jarak kalo' mau ngerokok.

    oya! kalo' dah sukses berhenti ngerokoknya, kabari sy ya maz

    BalasHapus
  5. berhenti? saya pernah, selama 1 bulan :(
    entah termasuk berat atau tidak, tapi saya dalam sehari semalam rerata menghabiskan 4 pak isi 16 yg ada abjad A nya itu.
    :(
    sampai saat ini saya juga punya kode etik *hayyahhh* untuk merokok *maklum, ini sekedar pembelaan diri kecil-kecilan*

    doa saya menyertai mereka yg ingin berhenti merokok, nanti kalau sudah berhasil tolong doakan saya juga ya... dan terlepas dari itu semua, saya sadar, cuma masalah keinginan saya saja yg masih belum kuat.

    ahh.. saya memang payahh besar kalau untuk hal ini.. hiks....

    BalasHapus
  6. Hindari rokok deh. Ga baek banget. bukan seharusnya tetapi harus itu. =)

    My Blog :
    1. virnity.wordpress.com
    2. d-revoz.com

    BalasHapus
  7. di ulang taun ke 3# yl dq dapet hadiah dr istri tercinta, sebuah buku tips berhenti merokok...alhasil..dqpun g tau dimana buku itu kini berada...SUSAHH! klo ada obat instantnya dq mau beli dehhh..

    BalasHapus
  8. Saya perokok berat, rata-rata sehari sebungkus kretek low.
    Kalau sedang kehabisan rokok sering minta teman, jadinya mberat-mberati teman, hehehe

    BalasHapus
  9. @Ircham; lho kenal sama istri saya toh? iyalah nanti saya sampaikan ... beliau (halah) dulu di Malangkucecwara '89

    @gilaorganic; sayangnya belum ada produk rokok sehat ... (eh sudah ada ya?)

    @marsudiyanto; kebetulan sama pak sejarah hidup rokok kita, mungkin kita salah bergaul dulu ya.

    @ombung; 2 bungkus sehari? waaaa malah lebih parah dari daku. tapi yang penting itu tadi mas, kita harus tau diri dan tempat lah ...

    @pakacil; 4 pak? jar urang sini; sambung puting. saya juga pernah berhenti merokok sekitar 2 bulan waktu terserang penyakit tifus dulu, anehnya waktu dalam pengobatan tifus, rokok ndak ada rasa nikmat sama sekali, jadi hambar gak karuan. dan anehnya lagi, sesudah sembuh, saya kembali menikmati rokok. yaah itulah tadi, saya juga baru dalam tahapan 'pikir-pikir' dan kelihatannya 'pikir-pikir' saja belum cukup untuk menghentikan saya merokok.

    @Rian Xavier; selamat datang dan salam kenal, memang seperti yang saya katakan bahwa merokok itu tidak baik ... namun bagi yg sudah terlanjur menjadi kebiasaan adalah sulit untuk berhenti merokok. btw sekali lagi selamat datang.

    @Nyante Aza Lae; hahaha kalau sudah ketemu bukunya, bolehkah daku meminjamnya? Obat instant berenti merokok belum ditemukan lae, penelitian obat ini telah disabotase oleh pihak yg tdk bertanggung jawab.

    @Andy MSE; saya fikir kalau masih 1 bungkus ya masih moderat aja lah, walau perlu juga dicurigai sebagai perokok berat beli.

    BalasHapus
  10. Hikmah merokok :
    Dapat mengusir pencuri heu heu.....

    BalasHapus
  11. Duh.... yang ini paling susah utk dibumi hanguskan dari hari2koe. Walau cuma sebungkus (tentunya bukan perokok kelas berat), pernah seminggu berhenti merokok, tapi apa yg terjadi? badan saya lemah dan lunglai, semangat utk hidup hilang dengan tiba2. Alhasil selama masa 'karantina' itu saya nyaris tak beraktivitas sama sekali... makin parah bukan bila tanpa tembakau???

    ah sudahlah..nikmati sajah hdp ini....:D

    BalasHapus
  12. wahh....merokok bisa menyebabkan gangguan hati, jantung, paru2, mandul serta kelainan pada janin..

    BalasHapus
  13. sy dulu kecanduan rokok berat mas, tp istri sy masukin permen karet ke kotak rokok. alhasil, sy jd brenti ngrokok smp skrg.

    BalasHapus
  14. sy ga suka bau rokok, bkn sesak napas bang

    BalasHapus
  15. Aku kadang2 aja mas kalo ngerokok, kadang-kadang kalo ada yg ngasih aja, selama gak pake duit sendiri gak masalah hehehe..

    BalasHapus
  16. @manztea; iya bener ohok ohok

    @khairuddin; tuuuh kaan, ada yg lebih parah dari saya nih. ini dia si khai contoh nyata. pembayar pajak rutin harian dari cukai rokok. the man who can't live without it. hehehe

    @info resep; yee untung saya gak hamil

    @jadul; selamat, sungguh, selamat, saya iri dan dengki ngeliat orang yg telah berenti merokok. resepnya dimasukin permen karet aja. istri saya gak boleh tau ini resep, gawat nanti dia coba.

    @casual cutie; sebisa mungkin saya gak merokok didekat anak - anak dan ibu - ibu (terutama balita dan ibu hamil) ... so, tenang aja mbak.

    BalasHapus
  17. @Paluhlimbuy; ini jelas sudah termasuk perokok BERAT BELI ... hehehe

    BalasHapus
  18. merokok sama sekali tidak ada untungnya

    merugikan sekali malahan

    karena dengan merokok sama saja dengan bunuh diri pelan²

    salam kenal

    BalasHapus
  19. klo debat masalah nyang satu ini gak bakalan ada habisnya dah, selalu ada pro dan kontra.

    seorang perokok hanya akan berhenti jika ada kesadaran dari dirinya sendiri, bukan dari himbauan atau larangan tuk jangan merokok.

    klo saiya 1 bungkus bisa bertahan sampai 1x24 jam, and klo lagi sibuk bisa² lupa ama rokok :)

    BalasHapus
  20. @meylya; ini persis sama dengan yg dikatakan istri saya ... [kok bisa sama ya?]

    BalasHapus
  21. klo menurutku gak papa tuh sebungkus rokok sehari, yg penting jangan dibakar apalagi dihisap, jd utk pegangan aja rokoknya, 1 bks bs bertahun2 tuh, xixixi

    BalasHapus
  22. berhenti merokok?????...

    belom kepikiran saat ini...... ^^ tapi sudah terencanakan kapan waktunya untuk berhenti merokok....

    BalasHapus
  23. masih mending lah klo ngerokok tapi tau tempatnya
    pgn berenti mas?
    rokoknya di bakar, diisep ujung nya yg di bakar itu jgn filternya ya
    makasih
    itu hanya saran
    sukur kalo dilakuin
    kikikikiik

    BalasHapus
  24. @else; yang begini sudah pernah saya coba, rokok untuk pegangan aja ... tetap aja sebungkus sehari, dimintain teman, mubazir kata mereka

    @adam; yok barengan kita rencanakan

    @Cebong Ipiet; kekekek patut dipertimbangkan sarannya nih, sudah ada yg pernah nyoba gak mbak?

    BalasHapus
  25. oh ya julak dapat award dan PR nih dari ulun
    cek di blog ulun lah

    BalasHapus
  26. susah sekali untuk berhenti. sangat susah :D hehehe atau mungkin usaha kurang keras... sekarang pun akuk masih susah. 2 bungkus sehari (kadang lebih). kata mama, meskipun nikotinnya rendah alias kata orang 'rokok ringan' tapi teteup... :D tau deh kapan bisa berhenti :P padahal juga udah beli buku untuk menghentikannya! buku??? :D hwakakakak berhenti rokok kok pake baca..secara aku orangnya jarang termotivasi kalo cuma baca... dipentung dulu kaliyah? :D

    hayo... berhenti rokok... beras mahal katanyah :D

    BalasHapus
  27. @yoyo; ini pendapat yang paling gagah berani, setuju mas yo' ... apalagi yg seperti saya ini, semakin dilarang semakin seperti disuruh.

    @rozy; saya sudah cek di blog mas ozy, keknya masih ada gangguan. terima kasih mas ozy atas awardnya, akan saya coba mengerjakan PR-nya. mungkin agak lambat pengerjaannya maklum udah tua.

    @tuteh; memang benar sekali, kalau urusan rokok sepertinya uang tak pernah jadi masalah. harga naik berapa pun, satu pun tak ada yg demo. btw, 2 bungkus??? capedee

    BalasHapus
  28. wah mas deden perokok yang sopan, oPA sering kesel tuh sama perokok yang sering ngerokok ditempat umum!
    sangat mengganggu..
    Lam kenal ya Mas

    BalasHapus
  29. MMM .... kok banyak ya .. yang senasib ... daku merokok mulai dari pra SD (baca: TK) malah aku sering di kasih sama eyang kakung waktu itu .. sekarang udah nyaris kepala 4 .. tetep aja merokok, walau terjadi tragedi putus-nyambung .. yang terlama putusnya ada kira2 6 bln. Tapi karena faktor lingkungan .. (trus terang aku merasa sesak napas ketika aku bukan sebagai perokok, berada disamping perokok). Trus sekarang ya ...
    merokok lagi .... sehari cukup 16 batang ajah ...

    salam,
    http://mazbaz.wordpress.com

    BalasHapus
  30. @oPa; salam kenal juga mas oPa, yah begitulah memang kadang menjadi masalah bila merokok di tempat - tempat umum. Kalau tidak salah, beberapa daerah / kota sudah mengeluarkan perda tentang larangan merokok di tempat umum.

    @Baz; saya pun pernah mengalami kapok lombok merokok ini mas. memang dasar bandel kali ya.

    BalasHapus
  31. hmmm usaha saja terus. tapi yang saya salut jangan merokok di depan anak-anak. Itu harus.

    saya juga perokok pasif karena suami saya seperti mas deden. dia juga HANYA 1 bungkus sehari. Tapi di Jepang harga rokok melambung terus. hiks

    saya juga menanti2kan kapan dia bisa berhenti

    BalasHapus
  32. di kampung istri saya, paklek merasa heran karena saya tidak merokok. gimana caranya bergaul? gitu. :D

    BalasHapus

Posting yang laen ...