Link-building di dalam Komunitas Kaltim Bloggers United

Saya barusan jalan-jalan mengunjungi blog Kaltim Bloggers United, wah ternyata sudah banyak sekali blogger di Kaltim ini ... dari Samarinda, Balikpapan, Tenggarong, Tarakan. Memang penting sekali adanya sebuah blog induk yang berfungsi sebagai sebuah portal bagi komunitas blogger khususnya di Kaltim ini.

Tentu saja penting, kenapa? masa seandainya ada orang yang mencari informasi tentang Kaltim koq malah mendapatkannya dari web atau blog orang yang justru bukan orang Kaltim atau yang tidak bermukim secara geografis di Kaltim sini. Kenyataannya; itulah yang masih terjadi hingga saat ini.

Lalu bagaimana caranya kita sebagai warga Kaltim yang ngeblog dapat menjadi sumber informasi utama tentang daerah kita sendiri ini? Kita blog dan web sudah punya ... lalu apalagi yang kurang?

Blog memang sebuah modal utama kita, tapi bagaimana blog kita bisa menjadi acuan utama kalau blog kita ini gak muncul dalam urutan papan atas dalam pencarian di search engine di Google atau Yahoo! Percumah

Coba kita pahami dulu mekanisme search engine, katakanlah Google, dalam menyusun daftar hasil pencariannya, sederhananya adalah; Google menampilkan daftar berdasarkan popularitas sebuah blog terhadap suatu topik tertentu, bukan berdasarkan isi atau sumber pertama dari topik tersebut.

Gak percaya? Coba aja Anda ketik "samarinda" di Google, hasil apa yang muncul?

Saya yakin, dalam urutan 20 besar hasil pencarian Google paling banyak 5 web/blog aja yang memang bener-bener bersumber dari orang tangan pertama yang memang menguasai topik tentang "samarinda" ... hehehe.

Atau coba aja yang lebih ekstrem lagi, coba Anda ketik nama Anda di Google, jangan-jangan blog Anda muncul di urutan halam ke 100 hahaha ... karena mungkin saja ada orang yang bernama sama dengan Anda dan pastinya blog dia lebih populer dari yang milik Anda.

Lalu bagaimana dong? naah ini dia, sebenarnya sederhana aja, kita harus membuat sebuah jaringan maya antar anggota di komunitas kita ini. Yaitu dengan cara, perhatikan ya ini penting, yaitu dengan cara mencantumkan link antar anggota di komunitas kita ini di dalam masing-masing blog kita. Misalnya di blog saya mencantumkan link ke blog mas Priyandoko (beliau aktif di KBU) dan 'harusnya' di blog beliau juga mencantumkan link ke blog saya ... tapi sayangnya belum tuh, haloo mas Pri, piye ta?

Sederhana tapi itulah kenyataannya bahwa salah satu mekanisme search engine, tentunya selain dari contents dari blog Anda, dalam menentukan hasil pencarian adalah link dan backlink ... jadi ayo dong kita saling membuat link antar sesama kita ini demi meninggikan 'pamor' kita dalam proses pencarian di Google.

Ini sebagai bahan bacaan tambahan, coba Anda baca ulasan di www.skelliewag.org tentang pentingnya Link-building.

foto: The Wettest Link by [ G ]



9 komentar:

  1. wal instal link tambahan buat komentar donk, kalau gini yg tampil link di gmail, kalau bisa tampil web atau link blog kita kan lebih bagus :)

    BalasHapus
  2. waduh gimana caranya paktani? ajarin dong, sungguh wal ai

    BalasHapus
  3. luar bisa memang mas pri.... yandoko.. :-)

    hi ih.. kada kawa maandak link blog ulun disini. ...

    ^_^

    BalasHapus
  4. Hehe..... Memang blog yang keren!
    Oke Mas, bakal saya pasang diblog saya.

    BalasHapus
  5. kawa aja wal ai, kalau kada salah pian ini timpakul.hijaubiru.org kalo?

    BalasHapus
  6. artikelnya bagus... http://www.rumputlaut.org

    BalasHapus
  7. baru ini bedapat lawan blogger dari kampung sorang di kaltim, soalnya betakun lwan mbah gugel..kada di jawabnya...
    pokonya sukses aja wal...

    BalasHapus
  8. semakin lama bikin link building memang cukup sulit ya
    beberapa blogger sudah mulai menghilangkan fitur komentar dengan link
    akhirnya mesti pinter-pinter cari blog yang menyediakan komentar untuk link

    thank you buat kesempatannya

    BalasHapus

Posting yang laen ...