Who Links To My Blog?

Hari ini saya mendapat pelajaran yang sangat berharga setelah terdampar secara tak sengaja ke blog-nya Kang Rohman (you're the man...) yang membahas yang saya jadikan judul posting ini; "Who Links To My Blog?"

Sebagai kilas balik, coba saya tanya; Apakah selama ini Anda rajin tuker-tukeran link dengan rekan sesama blogger? Bila iya, Bagus. Apakah Anda sudah ngecek di blog dia itu tercantum link ke blog Anda? Bila sudah, ini belum tentu bagus.

Kenapa? Nah ini dia, secara fisik bisa saja link ke blog Anda tercantum di dalam blog teman Anda itu, namun apabila blog itu masih berstatus "NOFOLLOW", itu artinya link tersebut tidak 'dilihat' oleh search engine seperti Google atau Yahoo!. Berarti backink ke blog Anda itu hanya 'dilihat' oleh mata manusia saja, bener-bener oleh mata manusia saja lho, yang bila kebetulan mampir ke blog kawan Anda tadi, dan syukur-syukur bila dia mau ngeklik link ke blog sampeyan itu.

Ingat Google atau Yahoo! itu menganut prinsip dasar "relevansi dan popularitas", relavan terhadap suatu topik dan popularitas yang diukur seberapa banyak blog yang link ke blog Anda itu. Contoh misalnya; Samarinda yang saat ini lagi kebanjiran, coba sampeyan ketik kata kunci samarinda dan banjir di Google.

Kembali kebahasan siapa saja yang memberikan backlink ke blog Anda? Bisa dicek melalui Technorati atau langsung coba aja satu contoh sbb; http://technorati.com/blogs/timpakul.hijaubiru.org Kalau mau cek ke blog Anda, coba aja yang berwarna merah ubah ke url blog Anda. Dan sebelumnya gak perlu daftar dulu juga bisa koq.

Maaf ini saya bukan menggurui ya mas ya, sekali posting ini cuman atas kekagetan saya setelah membaca posting Kang Rohman (yang baik hati dan tidak sombong) dan dengan kaitannya terhadap budaya 'tukeran link'.

6 komentar:

  1. mnrt dq yg awam ini mas..klo kita dah tukeran link sm org..itu bearti kita sdh mencoba tuk menjalin silaturahmi sm org lain...klo soal rating...sambil jalan aja deh..Nyante aza lae!

    BalasHapus
  2. link saya belum masuk sini ya, tukaran link yuk bro :)

    BalasHapus
  3. Hellow..
    Kamu baru tau ya soal link² ini ya..
    hihi, tapi bagi saya backlink, or whatever link is not important. Kerana saya selalunya akan add link teman² saya atas sebab² tertentu. Lihat bagaimana ianya mengerakkan hati saya untuk add link website mereka ke saya. Anyway i found your site is quiet intresting. Will add your site on mine too. :)

    BalasHapus
  4. langsung ke te ka pe neh kang, btw blog ini masih nofollow juga yah, bikin do follow dong kang, jd kita2 bisa dapet backlink gratis dr sini gt.
    btw, masih buka lowongan tukeran link?

    BalasHapus
  5. info nya menarik, emang kita musti yakinkan dulu bhw blog yang dikunjungi berstatus DOFOLLOW...tul gak?

    BalasHapus
  6. waaah musti banyak belajar nih
    EM

    BalasHapus

Posting yang laen ...