Renungan Pasca Gerhana Matahari

Awal Januari tadi saya tanpa sengaja mendengar informasi tentang Gerhana Matahari dan kemudian bergegas singgah ke website HM Nautical Almanac sebuah lembaga pengamatan dan penyusunan almanak dibawah pemerintah United Kingdom.  Di sana kemudian saya melihat dengan takjub betapa gerhana matahari tanggal 26 Januari 2009 ini telah diperincikan dengan teliti dan rinci dari wilayah lintasan gerhana hingga ke waktunya.

Sungguh saya terpesona takjub, betapa tidak, sesungguhnya ilmu pengetahuan astronomi ini adalah pengembangan dari ilmu falak yang justru sebenarnya berasal dari kajian ilmuwan Muslim pada masa keemasan dulu.  Bahkan ilmu falak yang menjadi dasar untuk menyusunan sebuah ALMANAK ini kemudian jelas-jelas dipakai sebagai nama badan pengkajian nautikal di Inggris sana.

Saya kemudian merenung dengan kondisi kita ummat Islam saat ini yang menurut pandangan saya pribadi mengalami kemunduran drastis di bidang pengembangan ilmu pengetahuan.  Para ulama lebih banyak menghabiskan waktunya untuk mengupas dan menafsirkan kata per kata ayat dalam Al Quraan dan Hadits dan kemudian menghabiskan waktu pula untuk berdebat sesama ulama tentang betapa hebatnya penafsiran mereka.

Apakah ini salah?  Mungkin bukan salah, namun saya menyebutnya sebagai ‘kurang tepat sasaran’ hehehe … Kemana cendekiawan Islam?  Apa yang telah mereka perbuat untuk memperkokoh Islam?  Kejayaan Islam akan sulit terwujud bila kita ummat Islam tertinggal dalam kajian – kajian teknologi yang notabene saat ini dikuasai negara barat non Islam.

Sebuah contoh klasik saja yang selalu terjadi setiap tahun;  Selalu terjadi perbedaan pendapat tentang penentuan 1 Syawal / Idul Fitri.  Karena masih ada ulama yang ngotot bersikukuh berpegang pada kata MELIHAT BULAN, yang ditafsirkan melihat dengan mata dan akhir-akhir ini dibantu juga dengan teropong.  Padahal dengan ilmu FALAK dan penyusunan ALMANAK, datangnya bulan Syawal bisa dilihat jauh hari sebelumnya.

Ada baiknya juga bila Anda sempatkan membaca artikel ini; Why Are Jews So Powerful oleh DR. Farrukh Saleem atau terjemahan bebasnya; Siapa Yahudi? Siapa Orang Islam? oleh Utusan Online atau bila sulit mengaksesnya bisa dibaca di blog Friendly81 dengan judul yang sama.

Akhir renungan, pertanyaan yang muncul adalah; Apakah arti gerhana matahari ini bagi kita ummat Islam?  Mengingat tak ada sesuatu pun di alam semesta ini yang diciptakan Allah SWT dalam kesia-siaan.

42 komentar:

  1. heehehe ya bukan ulama aja wes, kita semua mas, bersama kita bisa (wew kok kaya semboyan nya siapaaa gitu yah)

    do our best at our role

    BalasHapus
  2. Padahal perbedaan itu adalah Rahmat illahi, tapi kenapa masih banyak yang tidak puas....?

    BalasHapus
  3. gerhana adalah ciptaannya..
    kita harusnya bersyukur bisa melewati peristiwa langka tersebut.
    mungkin dengan inilah Dia menunjukkan kebesaranNya

    BalasHapus
  4. iya... kalo ngubleg-ngubleg fiqh memang nggak akan pernah ada habisnya...

    BalasHapus
  5. @Digital Baca: sepakat banget mas digba, perbedaan adalah rahmad illahi, namun bila perbedaan itu adalah sebuah kebodohan semisal saya memilih tidak mau belajar ... konyol sekali

    Apa yang saya sampaikan adalah, bagaimana kita mau "Save Gaza" kalau tak belajar menggali dan mengembangkan ilmu pengetahuan (yang juga rahmad illahi) dan kemudian menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari?

    Ayo belajar bersama! *hehehe saya calon mendiknas 2050*

    BalasHapus
  6. MOHON MAAF sebelumnya..
    cuman sekedar berbagi info mengenai
    CARA BARU ISI ULANG PULSA HP

    LEBIH PRAKTIS (ngga perlu repot2 lagi datang ke counter pulsa.. cukup kirim sms dari HP anda sendiri)

    LEBIH MURAH (bila dibandingkan dengan harga jual pulsa di counter

    DAPATKAN BONUS PULSA GRATIS Rp. 25.000 SETIAP HARI

    INFO LENGKAP DI HTTP://WWW.PRIMAMITRA.BLOGSPOT.COM

    BalasHapus
  7. Wah Mantap mas Deden, saya sempatkan baca rekomendasinya di atas.

    BalasHapus
  8. Setuju Mas.

    Tafsir agama dibuat jadi sempit. Dikotomi antara agama dan dunia sepertinya membuat hal itu makin kuat.

    BalasHapus
  9. Sayang saya tidak bisa melihat langsung kejadian gerhana tersebut, padahal menurut informasi kalau gerhana itu bisa dilihat di seluruh kalimantan. Padahal udah saya tunggu-tunggu lo. Yach... terpaksa lihat di tv aja.

    BalasHapus
  10. selamatkan perbedaan itu untuk kelengkapan saling menghormati bukan saling menghabisi
    salam hormat saya

    BalasHapus
  11. @genthokelir; setuju banget mas, dengan hormat pula saya pun berpendapat demikian. Jangan sampai perbedaan di antara ummat justru dimanfaatkan oleh pihak yang menghendaki kehancuran kita.

    BalasHapus
  12. Sesungguhnyalah kemunduran umat Islam, mengutip ungkapan Shaikh Abul Hasan ‘Ali Nadwi (seorang ulama asal India) bukan saja yang merasakan akibatnya umat Islam saja, tapi Dunia juga merasakan akibat dari kemunduran itu (terutama di bidang ilmu pengetahuan)... Namun jangan pernah putus asa, harapan itu masih ada.. InshaAllah

    BalasHapus
  13. Memang banyak orang2 barat yang mempelajari alqur'an sebagai acuan mereka dalam menemukan teknologi2 baru....itu buktinya
    Tapi kapalnya nabi Daud as belum bisa ditemukan ya Den? Padahal di Al-quran sudah dijelaskan. Tapi tempatnya yang ga ke detect..hehehe

    BalasHapus
  14. @Gus Yehia; Insya Allah, dan semoga saja saya sempat merasakan juga kembalinya kejayaan Islam dalam masa hidup saya ini. btw, ada komen tentang Erdogan kah?

    @khairuddin syach; Kalau yang dari aku baca, katanya orang barat justru mencuri hasil-hasil penelitian cendekia muslim dimulai pada penjarahan perpustakaan Baghdad Iraq ... dan setelah itu lewat imperialisme barat juga ditanamkan pemikiran bahwa agama dan dunia harus dipisahkan. Seperti yang muncul di Indonesia akibat penjajahan bangsa eropa, para ulama dikurung di pesantren dan mereka hanya boleh mengurusi agama saja. Dan sepertinya hal ini berhasil ditanamkan oleh mereka, bahkan sebagian malah sampai hari ini.

    Selain kapalnya Nabi Daud AS, juga istana Nabi Sulaiman AS juga hingga kini tak tersentuh.

    BalasHapus
  15. Salam dari Malaysia...
    Semasa gerhana matahari itu saya amat sibuk. Tidak sempat untuk melihatnya sendiri.

    BalasHapus
  16. Selamat juga mas dapat domain gratis dari Gus Yehia

    BalasHapus
  17. Alhamdulillah dapat info yg menyadarkan, tapi mas, harapan itu masih ada

    BalasHapus
  18. Mau ikutan komen..tapi, bingung ah..
    Entah kenapa, klo masuk ke tempat bang deden, jadi cepet bingung nya... (tanya kenapa?)
    ~pisss..bang deden ^^)p

    BalasHapus
  19. saya juga bingung *ah bingungin aja*
    kalau awal puasa dan akhir puasa sering ribut, awal dan akhir bulan2 lain kok enggak ribut ya?

    BalasHapus
  20. Selamat atas HADIYAH yang diberikan oleh Gus Yehia sang Pelopor No. 8 Online...
    Mudah2an bisa membawa manfaat dan tetap semangad dan saya berharap agar diblog baru nanti Deden ga bingung lagii
    *ga sabar nanti blog baru itu*

    BalasHapus
  21. Ikut ngucapkan selamat atas hadiahnya...
    (Tiru2 Mr. Khairuddin)

    BalasHapus
  22. @lunaticg; sepertinya di malaysia dan kalimantan, gerhana ini memang tak kentara datangnya. bagaimana bisnis koinnya pak?

    @achmad sholeh; selamat juga pak sholeh, tapi ngambil hadiahnya dimana ya?

    @Wahyu BMW; waduh bukan maksud menyadarkan lho pak wakyu, ini lebih ditujukan sebagai renungan saja.

    @Andy MSE; atau 1 Muharram ... gak pernah diributin tuh.

    @KURNIA PRATIWI; aah maca' cih *ala balita*

    @khairuddin syach; HADIYAH nya berupa domain + blog ya Khai? Seperti yg punya Pak Mars? Atau domain saja ... blog dan lain sbgnya bikin sendiri? Atau sekalian diisikan juga postingnya?

    @marsudiyanto; sampeyan lebih dahulu telah mendapat HADIYAH ...

    BalasHapus
  23. thanks infonya pak
    lama tak muncul kemana ?

    BalasHapus
  24. tapi pas gerhana matahari kemaren sy biasa2 aja tuh...hehehhee

    BalasHapus
  25. gerhana.. biasanya akan ada top news baru lagi...

    BalasHapus
  26. ada gerhana...Dia menunjukkan salah satu kebesaran dan kekuasaan-NYA.

    BalasHapus
  27. Hari ini akan ada gerhana matahari total terlama abad ini dan lokasinya di asia.

    BalasHapus
  28. Тhаnks for sharіng your thoughts οn televiѕiva.
    Regardѕ

    Feel fгee to visit my blοg pοst ... www.sfgate.com

    BalasHapus
  29. Very shortlу this ωeb ѕite ωill be famouѕ among all bloggіng visitoгs, ԁue to іt's nice content

    Also visit my blog post brittlebush.skybookmarks.com

    BalasHapus
  30. I am ѕure this pοst has toucheԁ аll the internet users, its гeally really fastidious paragraрh on building up new blog.


    my weblog http://www.sfgate.com/business/prweb/article/V2-Cigs-Review-Authentic-Smoking-Experience-or-4075176.php
    Also see my web site > iqracollege.com

    BalasHapus
  31. Hi there, Ι diѕcονeгed youг websitе by meanѕ of Goοgle ωhilst looking for a comρаrable mаtter,
    your websіte got heгe up, it appеarѕ to be lіke good.
    I've bookmarked it in my google bookmarks.
    Hi there, simply turned into aware of your weblog through Google, and found that it's rеally infoгmаtіνe.
    I am gonna be carеful for brusѕelѕ.
    I will bе grateful ωhen you cοntіnuе this in future.

    Numerouѕ рeople will be bеnеfited
    frоm yοur ωritіng. Сheers!


    my blog; pluft.google-scraps.us

    BalasHapus
  32. Wondеrful items from you, man. I have understand your stuff pгevious to anԁ you аrе just eхtremely magnificеnt.
    I actuallу like what you haѵe bοught right here, certainlу likе what yоu are saying and the bеѕt ωay during
    ωhiсh you are ѕaying it. You make іt enjoyable and you still care for to keеp
    it ωise. І сan't wait to read much more from you. This is actually a terrific web site.

    Also visit my weblog Look At This

    BalasHapus
  33. If you wish foг to grow your familiarity just keep ѵisiting this web sitе and be updatеԁ with
    the most recent gossip postеԁ heгe.

    Feel free tо viѕit my site - click The following webpage
    Also see my website: V2 Cigs Review

    BalasHapus
  34. This sіtе ωаs... how do I say it?
    Relevant!! Fіnally I have found ѕоmething which helped me.
    Kuԁos!

    Mу page; celebritybookzstar.com

    BalasHapus
  35. Nice blog here! Additionallу youг websіte quite а bit up very faѕt!
    Whаt wеb hοst аre уou usіng?
    Cаn I am gettіng yοur assoсiаte hyperlink to уour hoѕt?

    I wіsh my ѕitе loaded up
    aѕ fast аs yοurs lol

    Feel freе to ѕuгf to my sіte :: relevant internet page

    BalasHapus
  36. Please let me know іf уou're looking for a article writer for your weblog. You have some really great posts and I believe I would be a good asset. If you ever want to take some of the load off, I'd аbsolutely love to write somе materiаl for your blog
    in exchangе for а link bаck
    to mine. Please senԁ me an e-mail if inteгesteԁ.
    Τhank уou!

    Also ѵisit my homepage v2 cigs
    Also see my web site: 59.124.204.12

    BalasHapus
  37. Undeniаbly beliеve that which you stated. Yоur fаνorite juѕtification appeareԁ to be
    on the іnternеt the sіmрlest thing
    tо be аwarе of. І sаy
    tο you, I certаіnly get irκed whilе
    peoрlе thinκ about worries that they just do
    not know abοut. Υou managеԁ tο hіt
    the nail upon the toρ and defіneԁ оut the whole thіng withоut having side-effeсts , peοple can tаke a ѕignal.
    Wіll ρrobаbly be back to get morе.

    Thanκs

    Heгe іs my web pagе - Ccsl.Ime.Usp.br

    BalasHapus
  38. Using nail polish for women of all ages are a popular wart and skin tag elimination
    method. If you have been then now you do not want to.



    Look at my page ... dermatend scar

    BalasHapus

Posting yang laen ...