PR3 – Terlambat Menjadi Blogger [Bagian 2]

Sebetulnya saya gak pernah pelit untuk mengerjakan PR dari kawan-kawan blogger, namun karena tugas dan pekerjaan jualah yang membatasi waktu saya untuk mengerjakannya.

Apa sih PR itu? Nyusahin aja … oohhh jangan berfikir begitu kawan. Sebuah PR sebetulnya adalah sebuah penghargaan tertinggi yang diberikan oleh kawan yaitu berupa backlink kepada blog kita yang telah dituliskan dalam sebuah posting.  Jadi alangkah eloknya bila saya pun balas memberikan link balik kepada beliau-beliau yang telah memberikan PR tersebut kepada saya.  Tanpa link dan kunjungan dari sahabat blogger, apalah artinya blog saya ini.

PR3 kali ini maksudnya adalah PR yang diberikan oleh tiga orang sekaligus yaitu: Raja Ghazali [Batam] di blog RAJA PRIBUMI dan oleh mbak Kurnia Pratiwi [Bogor] di blog SIMPLE OF NIA dan kemudia yang ketiga oleh Yoyo [Samarinda] di blog YOYO PE BLOG.  Dan sekarang ketiganya akan saya kerjakan sekaligus dengan kelebihan kecerdasan akal fikir yang telah dianugerahkan Allah SWT kepada saya sebagai manusia.

oh, dan juga sekalian juga PR3 ini berkaitan dengan posting saya yang dulu tentang Terlambat Menjadi Blogger [Bagian 1] karena PR3 ini juga sedikit menjelaskan asal usul blog bingung ini.

PR1. Dari YOYO PE BLOG

Ini mah yang paling mudah, yaitu hanya dengan memajang sebuah Award yang diberikan oleh mas yo’ kepada saya, ini dia gambar awardnya, THE BRILLANTE WEBLOG PREMIO - 2008.

award brillantesangat mengharukan dan betapa keterlaluannya diriku, karena PR ini sudah ngendap lama di blog mas Yoyo mulai bulan November 2008 lalu, hiks maaf ya mas yo’.

PR2 dan PR3. Dari RAJA PRIBUMI dan SIMPLE OF NIA

Dikerjakan sekaligus karena kedua PR yang diberikan mirip – mirip saja dalam pandangan saya yang agak rabun ini.

Mengapa blog ini diberi nama bingung go!blog? Sebenarnya petualangan online dimulai pada bulan Oktober 2008, dimana ada acara talkshow teve yang tentang Pesta Blogger 2008, yang salah satu nara sumbernya adlh mas Kuncoro.  Beliau mengatakan bahwa komunitas blogger Indonesia telah mencapai satu juta blogger lebih, dan inilah yang mendorong saya untuk sesegera mungkin asat itu utk membuat blog, dan karena sesegera mungkin itulah akhirnya membuat saya kebingungan mencari nama utk blog ini.

Mengapa menggunakan template ini?  Ini template sebetulnya hasil pencarian Googling, saya pilih karena kesederhanaan dan cenderung minimalis.  Kalau yang sudah mendampingi dan membimbing saya sejak awal semisal mas Andy MSE, pak Sawali, si Nyante Aza Lae, Khairuddin, mas Rozi, mbak Ceb’, bunda AdeqCik Ajin, Pakacil Pinamusti, dan pak Mars tentunya mereka sudah sangat paham perubahan yang terjadi dari hari ke hari di blog saya ini.  Yang semakin hari semakin minimalis [dalam hal warna-warninya] … dan malah pada akhir bulan Des 2008 lalu juga sempat mengalami minimalis posting. hahaha

Kalau template dari awal memang yang satu ini aja, paling yang berubah cuma warna saja, kalau yang dulu ada border abu – abu di kiri kanan sekarang sudah menjadi putih polos.  Dan yang lain silih berganti juga adalah penggunaan widget terutama di bagian komentar, pernah pake CommentLuv, IntenseDebate, Disqus, namun akhirnya semuanya dibuang lagi dan kembali ke selera asal, pake aslinya blogspot ajalah plus dipercantik dengan 'comment author' untuk menghighlight komentar saya sendiri ditambah dengan Google Friend Connect di bawahnya posting.

Kenapa bagian Comment menjadi favorit saya?  Sebetulnya blog ini bagi saya adalah sarana untuk ngobrol, saling berbagi cerita, berbagi pendapat thd suatu masalah, dan saling komentar dari rekan blogger yang lain.  Setiap komentar yang masuk, sebisa mungkin saya jawab, sehingga sangat diharapkan kepada rekan; setelah memberikan komentar agar mengklik ‘Subscribe by Email’ untuk mendapatkan komen balik dari saya.

waduh udah kepanjangan ceritanya nih, jangan-jangan udah pada kabur sebelum selesai membaca posting ini, keknya sudah sampai sini aja ya PR3 ini … takut pembaca yang awalnya setia berubah menjadi tak setia.  Dan PR3 ini, saya tidak menugaskan siapapun untuk meneruskan tugas ini, cukuplah sudah linkback yang saya berikan di atas dan semoga linkback sebaliknya juga diberikan kepada blog ini sebagai balasannya.

Keep on blogging dan 3S [Salam Sukses Selalu] *hah kayak salam seminar MLM aja hahaha*

35 komentar:

  1. julak aq yang pertamax nih, tp kada tahu handak komen apa . . selamat dapat PR haja lah . . wkwkwkw

    BalasHapus
  2. wheehehhehe saya komeng lagi mas
    padal tdi pagi udah
    smg dpt PR 10 xixixiixix keriting keriting dah ngerjainnya

    BalasHapus
  3. @adi pramana; untung gak aku kasih PR ini untukmu mas adi ...

    @cebong ipiet; kekekek dapet PR10 assiiiik keriting gratisan tuh mbak ceb, laris manis dapet PR

    BalasHapus
  4. Sukses terus buat Mas Deden...
    Semoga dengan PR 3 pageranknya akan jadi 4.
    Templatenya makin rapi, ndak nggedabyah.

    BalasHapus
  5. Ha.ha.ha. semoga cepat naik jadi PR4 mas...

    BalasHapus
  6. Ya betul~
    macam² perubahan yang berlaku disini..
    apa² pun terus enjoy blog nya~
    kerana melalui kita boleh merapatkan lagi hubungan sekalian bersama..

    BalasHapus
  7. Wah rajin juga kang dan lagi prnya mantap, lam kenal ya kang

    BalasHapus
  8. selamat atas awardnya, pokoknya luruskan niat dalam ngeBlog. semangaaddd!!!!

    BalasHapus
  9. @marsudiyanto; terima kasih pak mars, kritik dan saran dari bapak selalu menjadi prioritas perhatian saya pak. wah, sepertinya kalau PR [pekerjaan rumah] bakal terus berlanjut sampai seri ke PR10 pak mars, namun kalau untuk pagerank sepertinya malah bakalan melorot.

    @erik; Pagerank sebetulnya bukan tujuan saya Pak Erik, yang saya inginkan adalah persahabatan. Tentunya melalui saling mengunjungi dan berbagi komentar di blog kawan-kawan.

    @Ajin; Sepakat cik ajin, saling mendukung dan membantu dengan memberi masukan. Jangan pernah membiarkan kawan kita terjurumus dalam suatu masalah tanpa sempat kita memberikan suatu nasihat kepadanya. *aku ni macam orang tua ja, sok bijak kata orang*

    @Harry seenthing; demi kawan yang sudah bersusah payah membuat PR untuk saya itu pak, dan yang penting enjoy aja.

    @Nirmana; Semangadddd!!! Luruskan niat ini yang susah mbak, hehehe gak lah, niat awal ngeblog cuma untuk berbagi cerita dan menjalin persahabatan ... sederhana aja kok, dan Insya'Allah bisa terus dijaga.

    BalasHapus
  10. Wohoho... PR lagi PR lagi.....

    BalasHapus
  11. moga makin sukses aja ngeblog nya julak :)

    BalasHapus
  12. selamat dah buat yang dapat PR. Duuh Bang Deden, saya jadi ingat PR yang buat saya, belum dikerjain, maaf yaa..tp saya masih ingat koq tugasnya gimana hehehe.
    minimalis memang cantik tapi kalo posting minimalis hehehe sy jadi terharu..( tersindir..menyadari klo saya jg begitu hehehe)

    saya membayangkan bisa berjalan-jalan di padang rumput yang ada diatas itu hehe..

    BalasHapus
  13. Emang teladan nih, PR-nya nggak pernah bolong..!.
    Selamat boss...!.

    BalasHapus
  14. lanjutin perjuangan lo bro, habis geto cari duit dari ngeblog, enjoy your life with blogging :)

    BalasHapus
  15. wekekeke, it's okay julak ay.

    btw, makasihlah julak dah dikerjain PR dari unda :)

    BalasHapus
  16. Makasih ya mas deden, dah mau ngerjain PR dari nia..Senangnya..

    BalasHapus
  17. sepakat banget, mas dede. pr merupoakan bentuk pengarhaan dari apresiasi dari dan untuk sesama bloger. selama dapat backlink, jalinan silaturahmi juga semakin akrab. salam ngeblog!

    BalasHapus
  18. aku dulunya juga seperti bang deden, sangkin nggak mau ketinggalanjamannya, aku langsung ngedaftar blog dan ya nggak gitu-gitu hebat lah, bukan itu aja, sangkin terlalu mudanya saya dalam mempelajari design blog, blog saya jadi ntah dah seperti apa, rusak! namun aku cukup menikmati kebiasaan ini (ngeblog:red., tuk bang deden : sukses selalu...

    BalasHapus
  19. @Frenavit Putra; ya begitulah mas, PR ... mau?

    @rozy; thanks mas rozy, begitu pula harapan sebaliknya untuk mas rozy ...

    @Bunda Lina; wah jangan merasa disindir dong bunda, itu benar saya alami sendiri kok, menjadi blogger minimalis posting, kekekek. blog bunda sekarang bagus bener, jadi ngiri saya dibuatnya.

    @CakyoudeeDotCom; semoga saya menjadi teladan *wah kepedean nih* btw kartu suara pemilu 2009 katanya gak pake bolong-bolongan.

    @cekink; saya dukung mas cekink, nanti saya sempatkan berkunjung deh dan klak klik kiri disana.

    @yoyo; lama gak keliatan, kemana aja bro? sibuk ngitung bonus akhir tahun kah? atau sudah patah hati ngeblog?

    @nia; lega dah selesai pr nih mbak. memang gak sesuai dengan pr yang diberikan, tapi hakikat *waduh* dari pr sudah saya laksanakan.

    @sawali tuhusetya; begitulah hakikat sebuah PR yang kita pahami pak sawali, saling bersilaturahmi dan saling menghadiahi *sunnah rasulullah*

    @ogekdedy; saya dah berkunjung tadi sebelum jawab komen ini, dan bagus kok blognya mas dedy. dan selamat atas dua prestasi yang sudah diraih ditahun 2008 semoga 2009 semakin lebih baik.

    BalasHapus
  20. Saya aja baru PR 1
    Boleh ngga belajar supaya pagerank saya bisa jadi 3 juga?

    BalasHapus
  21. @~PakKaramu~ waduh gak usah bingung pakkaramu, bingung is masa lalu.

    @Ramdan; kalau tip jitu sih juga saya gak tau mas ramdan. tapi yang saya lakukan adalah: sering-sering blogwalk dan berkomentar, kemudian saling bertukar link dan tagging di postingan. itu aja sih mas. oh, ada satu lagi, ada yg menasehati gini: isi blog kita dengan posting minimal 1 dalam tiap minggu. mungkin itu aja ya mas, lain kali kita tukaran tagging di posting, gimana setuju?

    @soul; mas chandra, informasi akan saya coba sampaikan kepada beberapa kawan. senang sekali kalau saya bisa menghadiri acara ini.

    BalasHapus
  22. wuih memang kok mas bonoriau ini seorang enterpreneur sejati, ... seandainya saya diberi backlink dari 'beberapa' blog mas bonoriau itu, alangkah indahnya hidupku *ngarep banget*

    BalasHapus
  23. hanyar bebulan madu bah.... wakakakaka

    BalasHapus
  24. Sepertinya cuma saya yang tidak tahu cara buat PR, apalagi memberi PR.

    Mengenai terlamabat jadi Blogger, saya malah baru aja mulai. ini juga karena didukung tarif internet yang mulai murah dan kebetulan Kedai Kopi langganan saya pemiliknya lagi pulang kampung.

    Buat mas Deden salam kenal, berhubung saya sekarang lagi kebingungan tolong saya juga dibantu diberi tips, apapun akan sangat saya hargai.

    BalasHapus
  25. @yoyo; nikah koq gak ngundang-ngundang, gimana ini mas yo'?

    @pakubumi; halah, sama aja lah mas pakubumi, saya juga bikin PRnya asal-asalan aja. Yang penting memberikan linkback ke blog kawan yang memberikan PR, sebetulnya inilah inti dari PR, saling memuat link di sebuah posting.

    Memang tarif internet sekarang sudah lebih murah, alhamdulillah, apalagi kalau bisa online di kantor ... gratis mas, cuman harus kucing-kucingan dengan orang IT.

    Terima kasih juga mas pakubumi, mudah-mudahan kita bisa sharing pengetahuan lebih banyak lagi, yang paling gampang sih ya dengan saling mengunjungi dan meninggalkan komentar seperti ini mas.

    BalasHapus
  26. wahhh mau dongggggg..
    Gimana nih biar cepet naek PRnya pak..ajarin dong he..he..

    BalasHapus
  27. PR ini kalau saya bilang adalah Multi Level Posting (MLP), sedikit nyopet istilah MLM. Ada beberapa yg juga saya terima, namun rencananya mau dikumpulkan jadi satu dulu, biar ga bolak-balik, karena akan ada kemungkinan terjadinya PR yg sama dari beberapa rekan. *ngeles*
    Intinya sih banyak pusingnya...
    ihihihi...

    BalasHapus
  28. @Atca; sungguh bunda, saya juga gak ngerti kok bisa dapet PR3 ini ... terjadi begitu saja, tanpa dengan sengaja saya kejar.

    @Pakacil; naa ini kebetulan, kemaren bersama beberapa orang kawan blogger telah dibuat sebuah blog multi author ... barangkali Pakacil berkenan untuk turut serta ....

    BalasHapus
  29. Nanti saya kasiy PR ya Den... *tapi ngerjainnya kapan saja boleh...yang penting harus dilaporkan diakhir tahun* hehehehe

    BalasHapus
  30. ok mas..thanks atas info nya..mampir ya ke blog ku

    BalasHapus
  31. mending terlambat bro daripada tidak sama sekali..

    BalasHapus
  32. mesti belajar dulu disini biar PR-nya ikutan naik. maksih ya infonya

    BalasHapus

Posting yang laen ...